Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

News & Updates

Pengelolaan Limbah Terpadu Dinilai Perlu Dikembangkan

21 Februari 2019

Bisnis.com, JAKARTA – Pengelolaan limbah kerap dipandang sebagai proses kotor sehingga tidak menjadi perhatian pelaku bisnis dan masyarakat. Pandangan tersebut dinilai dapat diubah dengan pengembangan pengelolaan limbah yang terpadu.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Arah Environmental Indonesia Gufron Mahmud dalam peluncuran produk ECOFREN, Kamis (21/02/2019) di Jakarta. Dia menjelaskan kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan limbah perlu terus didorong.

Pengolahan Limbah Elektronik Perlu Didorong Untuk Circular Economy

1 Februari 2019

Bisnis.com, JAKARTA – Pengolahan limbah elektronik dinilai perlu dikembangkan untuk mendorong industri elektronik yang menjadi salah satu andalan dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. Pengolahan limbah pun sejalan dengan langkah pengembangan circular economy.

Berdasarkan data organisasi StEP Initiative, diperkirakan perangkat elektronik yang beredar di pasar Indonesia pada 2012 diperkirakan mencapai 1.361.000 ton. Dalam kurun dua tahun, tercatat bahwa perangkat yang masih digunakan berkisar 616.000 ton.

Industri Pengolahan Sampah Plastik Urgen Dikembangkan, Ini Alasannya

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembangan industri pengolahan sampah plastik dinilai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya sebagai salah satu langkah pengurangan sampah plastik dan sampah di lautan. Selain itu, pengeloalaan sampah di darat pun perlu dilakukan karena telah diamanatkan undang-undang.

Hal tersebut disampaikan Situ usai rapat koordinasi pengelolaan sampah laut yang digelar di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta. Rapat tersebut diikuti berbagai kementerian, pelaku industri, serta organisasi pegiat lingkungan.

PENGELOLAAN MIGAS, Chevron Penyumbang Limbah B3 Terbesar

Bisnis.com, JAKARTA - PT Chevron Pacific Indonesia menjadi kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang menghasilkan limbah terbanyak sepanjang 2018.

Selain Chevron, dalam catatan Kementerian ESDM, terdapat sembilan kontraktor lain yang menghasilkan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Dalam hal ini, Kementerian ESDM mengkategorikan limbah tersebut kedalam 3 kategori yakni tanah terkontaminasi sebanyak 30.987,51 ton, limbah sisa operasi sebanyak 6.081,22 ton dan limbah sisa produksi sebanyak 33.128,62 ton.

Dorong Mekanisme Bank Sampah, KLHK Gelar Rakornas

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah ke-5 untuk meningkatkan keterlibatan para pemangku kepentingan dalam menangani masalah pengelolaan sampah.

Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati menjelaskan rakor merupakan kegiatan rutin KLHK setiap tahun sebagai wadah komunikasi nasional para pelaku Bank Sampah di seluruh Indonesia. 

Page 1 of 3

© 2018 Indo Waste Expo & Forum organised by PT Napindo Media ashatama. All Rights Reserved.

Please publish modules in offcanvas position.