Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

News & Updates

Kelola Limbah Produksi, Sucofindo Rilis Alat Sparing

16 Februari 2020

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sucofindo (Persero) merilis jasa baru pemantauan kualitas air limbah berbasis teknologi atau sparing sebagai solusi pengukuran dan pengendalian limbah hasil produksi mineral dan batu bara.

Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Sucofindo Budi Hartanto mengatakan kegiatan sosialisasi ini adalah salah satu bentuk dukungan perseroan selaku penyedia jasa sparing atas penerapan regulasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tentang sistem pemantauan kualitas air limbah secara terus menerus dan dalam jaringan pada sektor minerba.

Pengolahan Limbah Elektronik Perlu Didorong Untuk Circular Economy

1 Februari 2019

Bisnis.com, JAKARTA – Pengolahan limbah elektronik dinilai perlu dikembangkan untuk mendorong industri elektronik yang menjadi salah satu andalan dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. Pengolahan limbah pun sejalan dengan langkah pengembangan circular economy.

Berdasarkan data organisasi StEP Initiative, diperkirakan perangkat elektronik yang beredar di pasar Indonesia pada 2012 diperkirakan mencapai 1.361.000 ton. Dalam kurun dua tahun, tercatat bahwa perangkat yang masih digunakan berkisar 616.000 ton.

Dorong Mekanisme Bank Sampah, KLHK Gelar Rakornas

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah ke-5 untuk meningkatkan keterlibatan para pemangku kepentingan dalam menangani masalah pengelolaan sampah.

Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati menjelaskan rakor merupakan kegiatan rutin KLHK setiap tahun sebagai wadah komunikasi nasional para pelaku Bank Sampah di seluruh Indonesia. 

Gubsu Edy Luncurkan Pengolahan Limbah Tinja, Akan Dimulai di Medan

18 Februari 2020

Medan - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memulai program sistem layanan lumpur tinja terjadwal (L2T2) dan layanan lumpur tinja tidak terjadwal (L2T3). Program ini nantinya akan dijalankan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumut.

Program ini merupakan penyedotan septic tank secara terjadwal dan tidak terjadwal. Untuk Provinsi Sumut, program ini akan dimulai dari wilayah Kota Medan.

PENGELOLAAN MIGAS, Chevron Penyumbang Limbah B3 Terbesar

Bisnis.com, JAKARTA - PT Chevron Pacific Indonesia menjadi kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang menghasilkan limbah terbanyak sepanjang 2018.

Selain Chevron, dalam catatan Kementerian ESDM, terdapat sembilan kontraktor lain yang menghasilkan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Dalam hal ini, Kementerian ESDM mengkategorikan limbah tersebut kedalam 3 kategori yakni tanah terkontaminasi sebanyak 30.987,51 ton, limbah sisa operasi sebanyak 6.081,22 ton dan limbah sisa produksi sebanyak 33.128,62 ton.

Insentif Pengelolaan Sampah Di Daerah Disiapkan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan mendorong pengelolaan sampah semakin optimal di setiap pemerintah daerah dengan memberikan dana insentif daerah (DID) Rp9,5 miliar sampai Rp11 miliar untuk pengelolaan sampah terbaik.

Direktur Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Novrizal Tahar menyatakan pemberikan dana insentif daerah (DID) untuk pemerintah daerah yang melakukan pengelolaan sampah terbaik adalah kerjasama KLHK dengan Kementerian Keuangan. Novrizal menyebut, ada tiga kriteria penilaian untuk pengelolaan sampah yakni; aturan pembatasan penggunaan sampah plastik, pendayagunaan sampah, dan ketiga daur ulang sampah.

Pengelolaan Limbah Terpadu Dinilai Perlu Dikembangkan

21 Februari 2019

Bisnis.com, JAKARTA – Pengelolaan limbah kerap dipandang sebagai proses kotor sehingga tidak menjadi perhatian pelaku bisnis dan masyarakat. Pandangan tersebut dinilai dapat diubah dengan pengembangan pengelolaan limbah yang terpadu.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Arah Environmental Indonesia Gufron Mahmud dalam peluncuran produk ECOFREN, Kamis (21/02/2019) di Jakarta. Dia menjelaskan kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan limbah perlu terus didorong.

Industri Pengolahan Sampah Plastik Urgen Dikembangkan, Ini Alasannya

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembangan industri pengolahan sampah plastik dinilai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya sebagai salah satu langkah pengurangan sampah plastik dan sampah di lautan. Selain itu, pengeloalaan sampah di darat pun perlu dilakukan karena telah diamanatkan undang-undang.

Hal tersebut disampaikan Situ usai rapat koordinasi pengelolaan sampah laut yang digelar di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta. Rapat tersebut diikuti berbagai kementerian, pelaku industri, serta organisasi pegiat lingkungan.

Kemenperin-UNDP Susun Kebijakan Pengelolaan Limbah Industri

JAKARTA - Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian bersama Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-bangsa (United Nations Development Programme/UNDP) Indonesia sepakat untuk menyusun rekomendasi mengenai kebijakan pengelolaan limbah industri di Tanah Air yang lebih baik.

Tujuan langkah sinergi ini antara lain untuk mewujudkan prinsip industri hijau serta peningkatan daya saing dan membangun manufakur nasional yang berkelanjutan.

Page 1 of 2

© 2020 Indo Waste Expo & Forum organised by PT Napindo Media ashatama. All Rights Reserved.

Please publish modules in offcanvas position.