Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

News & Updates

Gubsu Edy Luncurkan Pengolahan Limbah Tinja, Akan Dimulai di Medan

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi menjelaskan program ini nantinya untuk memanfaatkan limbah manusia. Pengelolaan limbah ini, kata Edy, menjadi prioritas karena pertumbuhan manusia yang semakin tinggi.

"Kita mulai hari ini, limbah-limbah manusia yang ada di septic tank, airnya itu akan dikelola, dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Begitu juga sisa-sisanya, bisa menjadi pupuk, bisa menjadi energi, dan lain-lain. Limbah yang selama ini menjijikkan, nanti kita akan manfaatkan untuk kepentingan manusia," ujar Edy Rahmayadi setelah melakukan launching di aula rumah dinas kantor Gubsu, Selasa (18/2/2020).

Dengan adanya program pengelolaan limbah tinja ini, Edy berharap masyarakat tidak lagi membuang limbah secara sembarangan.

"Harapannya semua rakyat memahami ini. Khususnya rakyat kita yang masih di daerah, dia membuang sembarangan, di sungai, ada di kebun, khususnya di Danau Toba, ini harus kita atur," jelas Edy.

Sementara itu Direktur Utama PDAM Tirtanadi, Trisno Sumantri, menjelaskan air limbah septic tank yang dikelola ini nantinya tidak untuk konsumsi manusia.

"Bukan untuk konsumsi masyarakat, jadi tidak usah khawatir. Walaupun sebenarnya air yang dikelola itu secara teknologi sudah baik, tapi secara psikologis tidak bisa untuk dikonsumsi. Air ini nantinya untuk program penyiraman tanaman misalkan, atau air yang akan dipakai petugas pemadam kebakaran," jelas Trisno.

 

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4904084/gubsu-edy-luncurkan-pengolahan-limbah-tinja-akan-dimulai-di-medan?tag_from=wp_nhl_16

© 2020 Indo Waste Expo & Forum organised by PT Napindo Media ashatama. All Rights Reserved.

Please publish modules in offcanvas position.